penting gak sih komputer buat HPTe’rs

komputer ternyata uda pada canggih ya, gak usah berat-berat bawa monitor ama sistem unit bolak-bolak kemane aje (kemane aje bu??).

jika membahas tentang komputer, maka saya ingat kata-kata guru saya dulu, dia bilang : “saya akan beli komputer sampai gak ada lagi komputer yang terbaru, ngapain beli komputer sekarang, ntar juga ada lagi yang lebih canggih”

artinya, komputer itu semakin hari semakin canggih,semakin banyak hal-hal yang bersifat fisik bisa dikerjakan tuh ama komputer. so pengangguran jadi banyak (lha,,?)

balik lagi, semakin canggih ntu komputer, semakin banyak juga ilmu pengetahuan yang bisa digali yang sebelumnya belum diketahui. implikasinya bidang pendidikan pun akan semakin meningkat.

begitu juga dengan jurusan Proteksi tanaman (HPT). perkemabangan sistem pembelajaran di HPT memerlukan spesimen yang tidak bisa dibawa saat kuliah. alternatifnya, sang dosen menyimpan gambar/video tentang spesimen tadi di komputer. dan diperlihatkan saat kuliah. kita jadi bisa tau yang mana Nezzara viridula, yang mana Atacus atlas. so, terbantu sekali dengan adanya komputer.

atau lebih dalem lagi, dengan software aplikasi yang ada dikomputer, kita bisa merekam suara berbagai macam tonggeret. walaupun satu spesies, tapi suara yang dihasilkan bisa berbeda. dan hal ini baru bisa diketahui setelah adanya komputer.

ada juga cerita unik dari HPTe’rs jerman. dia bisa mendengar suara-suara di dalam tanah untuk memberantas hama tanaman disana. dari suara itu bisa dikenali jenis hamanya. dan itu semua memakai aplikasi komputer. keren kan,, belum ada di kita.

jadi, manfaatkanlah komputer sebaik-baiknya, jangan sampai komputer ada hanya buat facebook-an doang. gunakan untuk kemajuan ilmu pengetahuan, siapa tahu, di masa depan, anda adalah peneliti hama penyakit tanaman. kalo gak ngerti komputer, kapan majunya??,

oke kawan, semangat,,

Tinggalkan komentar